hosting indonesia

Mau lulus ujian bukan begini caranya, Ngga patut untuk ditiru ya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menemukan dari sejumlah peserta membawa jimat ke ruang tes.  Kejadian yang terbilang sangat unik ditemukan selama tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk para peserta yang sudah lolos seleksi administrasi CPNS 2018.

Kepala Bidang Mutasi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madiun, Sri Diana Kusumaningrum, mengatakan selama pelaksanaan CAT CPNS Kabupaten Madiun, ditemukan belasan peserta tes membawa benda-benda mencurigakan yang diduga jimat.

Ketua Seksi Pelaksanaan SKD CPNS Kabupaten Madiun Sri Diana Dewi Kusumaningrum mengatakan, barang penemuan barang yang diduga jimat ditemukan para petugas disaat melakukan penggeledahan seluruh peserta ujian. Barang yang diduga Jimat yang dimiliki peserta ini kemudian langsung diamankan panitia.

Peserta Seleksi CPNS Membawa Jimat

Peserta Tes Seleksi CPNS Terjaring Membawa Jimat – Berdasarkan dari keterangan petugas, ada belasan barang jimat yang telah ditemukan. Di antaranya berupa kayu, kertas bertuliskan rajah yang dilipat, kain putih, plastik berisi kunir dan kedelai, hingga rambut. Jimat-JImat yang dibawa peserta tes CPNS tersebut diletakkan didalam saku atau pada kerah baju, dan sepatu.

Sri Diana menuturkan, pihak panitia segera membuang barang-barang tersebut. Menurutnya, sejak awal panitia seleksi sudah mengingatkan peserta agar menitipkan benda berharga dan bawaannya ke tempat penitipan yang sudah disediakan panitia.

“Sudah kami sampaikan berulang-ulang di awal. Kalau pada saat pemeriksaan yang ketiga masih saja ditemukan, maka kami anggap itu barang tidak berharga,” katanya.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, lanjutnya, bahwa peserta hanya diperbolehkan untuk membawa pensil, kartu peserta, dan KTP. Namun, pada kenyataannya masih ada saja dari beberapa peserta yang mendapati membawa penghapus dan barang yang lainnnya, termasuk barang yang diduga sebagai jimat.

Artikel Lainnya :   Industri Bisnis Yang Terkena Dampak Karena Dunia Digital Marketing

Larangan Bagi Peserta Tes CPNS

Larangan lengkap yang wajib untuk ditaati para peserta ketika sedang mengikuti SKD. Larangan ini tertuang dalam Pengumuman BKN Nomor: 03/PANPEL.BKN/CPNS/X/2018 Tentang Hasil Seleksi Administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Negara Tahun Anggaran 2018.

Larangan Yang berlaku :

  • Membawa buku-buku dan catatan lainnya
  • Membawa kalkulator, telepon genggam (handphone) atau alat komunikasi lainnya,
  • Kamera dalam bentuk apa pun, jam tangan, bolpoint
  • Membawa makanan dan minuman
  • Membawa senjata api/tajam atau sejenisnya
  • Bertanya/berbicara dengan sesama peserta tes
  • Menerima/memberikan sesuatu dari/kepada peserta lain tanpa seizin panitia selama tes berlangsung
  • Keluar ruangan tes, kecuali memperoleh izin dari panitia
  • Merokok dalam ruangan tes

 

hosting indonesia
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here